HOME
Rabu, 14 November 2018
Follow:
 
 
Sudah 472.025 Peserta Jamkesda Didaftarkan ke KIS

Reporter : ande
Sabtu, 23/12/2017 - 11:10:21 WIB
Gubernur Riau memberikan penghargaan kepada daerah yang  sukses mengalihkan Jamkesda ke KIS. (foto Dinkes Riau)
TERKAIT:
Pekanbaru - Saat ini sebanyak 472.025 perserta Jamkesda di Riau sudah didaftarkan ke dalam Program KIS/JKN  (Kartu Indonesia Sehat/Jaminan Kesehatan Nasional). Pengintegrasian Jamkeda ke KIS sudah dilakukan secara bertahap dari tahun 2015.

Ini sudah dibahas dalam review Kesepakatan Kapala Daerah Dalam Pelaksanaan Integrasi Jamkesda kedalam program JKN/KIS di Hotel Labersa Pekanbaru pada pertengahan Desember 2017 oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

Rapat ini juga merupakan dalam rangka evaluasi guna mendorong peningkatan cakupan kepesertaan Jamkesda kedalam Program JKN/KIS. Dari beberapa wilayah jumlah cakupan peserta Jamkesda yang diintegrasikan kedalam JKN/KIS telah sesuai dengan Roadmap integrasi.

"Jamkesda yang diiterintegrasi ke JKN merupakan komitmen dalam untuk meningkatkan pelayan kepada masyarakat," kata Gubernur Riau Ir. H. Arsyadjuliandi Rachman, MBA .

Andi Rahman, sebutan akrab Arsyadjuliandi Rachman berharap intannsi terkait agar lebih mensosialisasikan tentang JKN karena masih banyak  masyarakat di daerah yang belum sepenuhnya memahami tentang JKN/KIS tersebut serta proses pendataan penduduk ke dalam JKN/KIS segera tercapai target.

Pada Pertemuan Review Kesepakatan Gubernur Riau bersama Bupati/Walikota tentang Integrasi Jamkesda kedalam JKN/KIS dan penyerahan Award Kepesertaan PBI ini. Ada beberapa hal yang dibahas diantaranya roadmap kepesertaan integrasi Jamkesda kedalam JKN. Kemudian budged sharing antara Pemerintah Provinsi Riau dengan Pemkab dan Pemko dalam mendorong peningkatan cakupan kepesertaan serta peran Pemerintah dalam pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2017 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan.

Dari pertemuan tersebut Gubernur Riau bersama bupati dan wali kota Se-Provinsi Riau komit dalam mengintegrasikan Jamkesda kedalam JKN/KIS serta pendataan penduduk untuk kepesertaan PBI agar mencapai target ditahun 2019 dalam kepesertaan keseluruhan kedalam JKN/KIS.

Dari Pertemuan Review tersebut, diperoleh hasil kesepakatan dan komitmen dalam Budget Sharing yang semula sejak tahun 2014 -2018 sebesar 20:80, 30:70, dan 40:60. Dan kini untuk tahun 2019 nanti akan dilakukan menjadi 50:50 antara Pemerintah Provinsi Riau dengan Pemerintah kabupaten dan kota.

“Dengan telah disepakatinya dan komitmen dari Gubrenur Riau dalam membantu Budget Sharing ini diharap kabupaten dan kota dapat lebih leluasa dalam menjalankan program pemerintah dalam hal kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan serta pelayanan kesehatan,"ucap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM yang juga hadir dalam pertemuan itu .

Dalam kesempatan ini Pemprov Riau memberikan reward (penghargaan) kepada dinas kesehatan kabupaten dan kota yang telah berperan aktif dalam pendataan kepesertaan PBI. Berikut daerah yang meraih penghargaan Award Kepesertaan PBI :Kategori Kab/Kota dengan presentase cakupan terbanyak dalam mengintegrasikan Jamkesda ke dalam JKN/KIS.

Peringkat I Kabupaten Indragiri Hilir
Peringkat II Kota Dumai
Peringkat III Kabupaten Kuantan Singingi
Kategori Kab/Kota dengan perentase cakupan tertinggi kepesertaan JKN/KIS untuk seluruh segmen kepesertaan;
Peringkat I Kota Dumai
Peringkat II Kabupaten Kepulauan Meranti
Peringkat III Kota Pekanbaru
Kategori Kab/Kota yang telah melaksanakan Verifikasi dan Validasi data PBI;
Peringkat I Kabupaten Indragiri Hulu
Peringkat II Kabupaten Bengkalis
Peringkat III Rokan Hilir
Kategori Kab/Kota dengan tingkat kepatuhan dalam membayar iuran PBI Daerah secara tepat waktu dan tepat jumlah;
Peringkat I Kabupaten Rohul
Peringkat II Kabupaten Indragiri Hilir
Peringkat III Kabupaten Indragiri Hulu




 
.:: Home | Politik | Peristiwa | Ekbis | Lingkungan | Sport | Hukum | Kesehatan | Iptek | Foto | Galeri | Index ::.
Copyright 2011-2018 RiauKita.com, All Rights Reserved | Redaksi | Info Iklan | Disclaimer Reserved Powered By RiauKita.com