RIAUKITA.COM - Pasangan calon Gubernur Riau Syamsuar-Edy Natar Nasution mendapat nomor satu pada pencabutan nomor urut pasangan calon Gubernur Riau pada Pemilihan Kepala Daerah serentak 2018. Syamsuar men">
HOME
Sabtu, 24 Februari 2018
Follow:
 
 
Pilgub Riau
Dapat Nomor Satu, Syamsuar: Bermakna Tauhid

Reporter : RIN
Selasa, 13/02/2018 - 16:25:46 WIB
RIAUKITA.COM - Pasangan calon Gubernur Riau Syamsuar-Edy Natar Nasution mendapat nomor satu pada pencabutan nomor urut pasangan calon Gubernur Riau pada Pemilihan Kepala Daerah serentak 2018. Syamsuar mengaku sejak awal sudah menginginkan nomor satu sebagai simbol kemenangan.  

"Ibarat bertanding semua orang menginginkan nomor satu. Kalau kita ikut Pilkada tentu kita ingin nomor satu. Jadi nomor satu ini mudah-mudahan kami menjadi nomor satu dipercaya masyarakat memimpin Riau. Dalam sosialisasi tim, kami selalu menampilkan nomor satu sebagai lambang tauhid, berarti Allahhuakbar," kata Syamsuar seusai, pencabutan nomor urut Paslon di Hotel Aryadutha, Pekanbaru, Selasa, 13 Februari 2018.

Kesan nomor satu sejak awal sudah melekat pada pasangan ini sejak tahapan Pilkada dimulai. Diketahui, pasangan Syamsuar-Edy Natar, adalah pasangan calon yang pertama mendeklarasikan diri maju dalam Pilgubri dan diusung PAN, NasDem, serta PKS. Tak hanya itu, pasangan koalisi Sahabat Karib ini juga adalah pasangan calon yang pertama kali mendaftarkan diri ke KPU Riau. Sekarang mereka mendapat nomor urut 1.

"Mudah-mudahan kami menjadi nomor satu dipercaya masyarakat memimpin Riau," ucapnya.

Komisi Pemilihan Umum Daerah Riau menetapkan nomor urut pasangan calon Gubernur Riau pada Pemilihan Kepala Daerah srentak 2018, Selasa, 13 Februari 2018. Pencabutan nomor urut dilakukan secara terbuka sekaligus dihadiri ratusan simpatisan keempat Paslon di Ball Room Hotel Aryadutha, Pekanbaru. Pengumuman nomor urut diwarnai prosesi adat melayu tepuk tepung tawar bagi peserta Pilgub Riau.

Empat pasangan calon gubernur diminta langsung membuka kertas nomor urut yang sudah dipilihnya dihadapan ratusan pendukung. Riuh gemuruh teriakan simpatisan menggema begitu calon gubernur memperlihatkan nomor urut yang diperolehnya. Bupati Siak Syamsuar yang berpasangan dengan Komandan Korem 031 Wirabima Brigadir Jenderal Edy Natar Nasution memperoleh nomor urut satu.

Kemudian anggota DPR RI Lukman Edy berpasangan dengan anggota DPRD Riau Harianto mendapatkan nomor urut dua, sedangkan Wali Kota Pekanbaru Firdaus - Rusli Efendi mendapatkan nomor urut tiga. Kemudian Gubernur Inkumben Arysadjuliandi Rachman yang berpasangan dengan Bupati Rokan Hilir Suyatno memperoleh nomor urut empat.

Ada hal unik pada pengumuman nomor urut pasangan calon gubernur Riau. Para pasangan calon Gubernur Riau menjalani prosesi adat melayu tepuk tepung tawar. Tradisi ini dilakukan masyarakat melayu sebagai wujud rasa syukur serta keselamatan terkabulnya suatu keinginan. Para pasangan calon gubernur disandingkan dihadapan ratusan simpatisannya, kemudian ditaburi ramuan seperti beras kuning, beras putih dan bunga rampai oleh sejumlah tokoh Riau sebagai bentuk doa restu dan keselamatan.

Ketua KPU Riau Nurhamin mengaku bersyukur proses pendaftaran hingga pencabutan nomor urut berjalan aman terkendali. Ritual tepung tepung tawar kata dia, diselenggarakan sebagai bentuk harapan dan doa dari masyarakat demi terwujudnya Pilkada yang aman dan damai di Riau.


"Ini muatan yang kami angkat untuk menjadikan suasana yang terjaga oleh seluruh unsur. Tokoh masyarkat ingin mengawal Pilkada secara baik juga dan diharapkan kita mengawal dengan baik juga. Mudah-mudahan tim kampanya bisa mengendalikan suasana yang terjaga sampai hari pencoblosan nanti," ucapnya.


 
.:: Home | Politik | Peristiwa | Ekbis | Lingkungan | Sport | Hukum | Kesehatan | Iptek | Foto | Galeri | Index ::.
Copyright 2011-2014 RiauKita.com, All Rights Reserved | Redaksi | Info Iklan | Disclaimer Reserved Powered By www.pajriexhost.com