HOME
Sabtu, 25 Februari 2017
Follow:
 
 
Ingin ke Dokter tanpa Ngatri, Ini Solusinya

Reporter : Rahmad Rizky
Senin, 18/01/2016 - 16:32:21 WIB
RIAUKITACOM-Sungguh tak enak jika jatuh sakit. Makin tak nyaman jika ternyata dokter yang kita tuju untuk berkonsultasi ternyata sedang tak praktik di sana. Duh, lengkap sudah penderitaan.

Tapi tenang, kini ada LokaDok, aplikasi internet yang memudahkan pasien untuk mencari lokasi praktik dokter langganan atau dokter lain yang terdekat. Tak cuma itu, LokaDok pasien juga bisa melakukan booking instan, sehingga tak menghabiskan waktu di ruang tunggu.

“LokaDok bisa dijangkau di www.lokadok.co.id melalui komputer ataupun ponsel,” kata Dannie Yo, CEO dan pengembang Lokadok dalam pernyataannya, Senin (18/1/2016).

Dannie merupakan, seorang pengembang software asal Indonesia yang memiliki latar belakang medis sangat kuat namun kemudian memilih untuk berkecimpung di bidang komputer sejak tahun 2000. Dannie merupakan jebolan Royal Melbourne Institute of Technology Australia, dan penerima Golden Key
International Honour Society karena masuk 15% pelajar dengan prestasi teratas. Dannie mengembangkan LokaDok berdasarkan pengalamannya yang kerepotan mendapat informasi dokter ketika istrinya jatuh sakit.

Sejak diluncurkan, Juli 2015, hingga kini telah ada 1.500 dokter dari berbagai penjuru Indonesia yang teregistrasi di LokaDok. Sebanyak 99% dari lebih 160.000 dokter yang tercatat pada Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) juga berada pada daftar sementara (pre-listed) LokaDok.

Ini membuat pasien bisa dengan mudah menemukan dokter terdekat dengan kualifikasi yang diinginkan. Pasien bisa menelusuri latar belakang pendidikan dan prosedur medis apa saja yang bisa ditangani sang dokter. Tak hanya itu pasien bisa memberi masukan dan penilaian (rating) atas jasa medis yang telah diberikan.

Pasien juga bisa memasukan nama dokter dalam daftar favoritnya, untuk selanjutnya ditambahkan dengan catatan pengingat seperti nomor ponsel, alamat atau nomor fax. "Sistem yang dibangun LokaDok juga memungkinkan pasien mensinkronkan perjanjian yang dibuat dengan kalender google di ponsel pasien, sehingga perjanjian yang telah dibuat tak bakal terlewatkan,” jelas Dannie.

Bagi dokter, LokaDok juga menawarkan banyak keuntungan. Misalnya, terpampangnya profil lengkap dokter di internet yang bisa dicari lewat mesin pencari seperti google atau bing. Ini penting karena masyarakat global saat ini gemar mencari informasi melalui internet.

Dengan LokaDok, seorang dokter memiliki kemampuan untuk mengatur perjanjian dengan pasiennya sehingga bisa meningkatkan jasa yang diberikan. Semua perjanjian terinformasi pada kelander aktivitas Lokadok. “Ini membuat dokter bisa mengatur jadwal praktiknya dengan mudah, menentukan kapan waktunya praktik, tutup, atau bahkan libur,” kata Dannie.

Kehadiran LokaDok diharapkan menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia. Pasalnya, mencari dokter yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan pada wilayah-wilayah tertentu sangat sulit. Apalagi di Indonesia, dokter bisa praktik di lebih dari 3 tempat. Tentu ini bisa menimbulkan persoalan bagi pasien untuk mengingat jadwal praktik dokter secara tepat.


Adanya LokaDok menghindari antrian yang panjang yang melelahkan. Sistem registrasi secara online, akan menghemat waktu baik bagi pasien maupun dokter. Sistem registrasi yang disediakanLokaDok akan memudahkan pasien sebab bukan model antrian seperti di klinik, tapi jadwal persis perjanjian.



 
.:: Home | Politik | Peristiwa | Ekbis | Lingkungan | Sport | Hukum | Kesehatan | Iptek | Foto | Galeri | Index ::.
Copyright 2011-2014 RiauKita.com, All Rights Reserved | Redaksi | Info Iklan | Disclaimer Reserved Powered By www.pajriexhost.com