HOME
Minggu, 28 Mei 2017
Follow:
 
 
OJK Targetkan 9,2 Untuk Penyaluran Kredit Sektor Perikanan

Reporter : Afd
Selasa, 03/05/2016 - 15:41:21 WIB
RIAUKITACOM-Ketua Dewan Komisioner OJK (Otoritas Jasa Keuangan)RI Muliaman D Hadad memaparkan jika realisasi Kredit JARING (jangkau, sinergi, guideline) sampai dengan Desember 2015 mencapai Rp 6,69 triliun atau 124,5% dari target Rp 5,37 triliun. Dengan bertambahnya 8 Bank Partner di tahun 2016 ini maka total target penyaluran kredit 16 bank partner tahun 2016 ke sektor kelautan dan perikanan adalah sebesar Rp 9,2 triliun atau tumbuh 24,2% dibanding realisasi kredit 2015. Sementara target ke sektor Maritim sebesar Rp 42,8 triliun.

Hal itu dipaparkannya ketika hadir dalam Expo Program Jaring  yang digelar OJK bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan  di Gedung Cik Puan Bengkalis, Senin (2/5) dengan menggandeng Industri Perbankan serta Industri Keuangan Non Bank (IKNB) untuk terus mendorong peningkatan pembiayaan ke sektor kelautan dan perikanan.

Program JARING sebelumnya diresmikan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pada 11 Mei 2015 di Pantai Bodia Takalar, Sulawesi Selatan, yang bertujuan mendukung Program Nawacita dengan target utama meningkatkan kredit dan pembiayaan di sektor kelautan dan perikanan serta mendorong perluasan akses masyarakat di sektor kelautan dan perikanan ke layanan jasa keuangan. Dan Bengkalis daerah  keempat yang dikunjungi.

Expo Program Jaring di Bengkalis dengan tema "Menggagas Solusi Akselarasi Pembiayaan ke Sektor Kelautan dan Perikanan Melalui Pengenalan Program Jaring" selain dihadiri langsung Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad, Kementerian Kelautan dan Perikanan, wakil ketua Komisi XI DPR RI Jon Erizal, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Wabup Bengkalis H Muhammad, Asisten Bidang Ekonomi Keuangan Pemprop Riau Maspuri,  serta para Direksi Bank dan Non Bank Partner Program Jaring.

Disebutkannya perkembangan Program JARING selama setahun ini berjalan sesuai rencana dengan berhasil mendorong pemahaman pelaku jasa keuangan terhadap bisnis di sektor kelautan dan perikanan sehingga kredit perbankan dan pembiayaan ke sektor ini terus meningkat.

"OJK akan terus mendorong industri jasa keuangan untuk meningkatkan porsi pembiayaan di sektor kelautan dan perikanan yang manfaatnya sangat besar bagi perekonomian nasional dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar Muliaman.

Bupati Bengkalis  Amril Mukminin sangat berbangga hati Program Jaring dilaksanakan di Bengkalis.  Ia berharap dengan adanya program Jaring (Jangkau, Sinergi dan Guideline), para nelayan di Bengkalis  bisa meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan uang meningkatkan kredit dan pembiayaan di sektor kelautan dan perikanan serta mendorong perluasan akses masyarakat di sektor kelautan dan perikanan ke layanan jasa .

Kegiatan expo tersebut diwarnai dengan kegiatan penyerahan kredit bank kepada perwakilan debitur dengan bank partner. Dari sisi penjaminan, akan dilakukan pernyataan program penjaminan Perum Jamkrindo dan PT Jamkrida Riau, penyerahan sertifikat kepada agen LAKU PANDAI dan Perjanjian Kerja Sama Simpanan Pelajar (SIMPEL) antara Bank Partner dan sekolah di Bengkalis.

Kemudian  dilanjutkan dengan kegiatan Focus Group Discussion bertema Menjawab Tantangan dan Kebutuhan Pelaku Usaha di Sektor Kelautan dan Perikanan Untuk Membuka Akses Masyarakat ke Sektor Jasa Keuangan dan Workshop yang bertema Pengelolaan Keuangan Keluarga Nelayan.


 
.:: Home | Politik | Peristiwa | Ekbis | Lingkungan | Sport | Hukum | Kesehatan | Iptek | Foto | Galeri | Index ::.
Copyright 2011-2014 RiauKita.com, All Rights Reserved | Redaksi | Info Iklan | Disclaimer Reserved Powered By www.pajriexhost.com